TOBAT ADALAH OBAT

     Seorang bapak perokok berat tiba-tiba berhenti merokok sejak putra kecilnya meminta sebatang rokok kepadannya. Seorang anak yang sangat manja dan menangis jika keinginannya tidak dipenuhi orang tuanya berubah menjadi lebih bersahaja setelah tinggal beberapa hari di sebuah panti asuhan. Pemuda yang malas dan liar menjadi rajin dan mandiri setelah pulang dari perantauan. perubahan, peralihan dan penataan hidup; itulah yang terus terjadi dalam kehidupan.
     Tobat bukanlah sebatas niat. Ia harus menjadi perinsip, sikap, tindak dan obat. Kehidupan selalu mengalir, bertumbuh dan kadang tercemar kita tidak bisa menghentikannya, membiarkannya atau tinggal di luar kehidupan nyata. Tuhan sudah menempatkan kita di dunia ini dengan segala kebaikan dan keburukannya. Di dunia inilah, Tuhan memanggil kita untuk mengambil bagian dalam perubahan, peralihan dan penataannya. Untuk bisa menjadi pribadi yang tidak mudah tercemar dan teralih dari tujuan yang benar, maka tobat adalah obat yang membuat kita kuat dalam hidup.
     Kalau kita berobat dikatakan: 'Jika Sakit berlanjut hubungi dokter'. Maka seruan berobat dengan tobat yang diwartakan oleh Yohanes adalah , "Bertobatlah, sebab kerajaan surga sudah dekat"... Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? karena semakin kita jauh dari Tuhan dan dekat dengan dosa; maka berlari akan mudah tertangkap, sembunyi akan membuat mudah ditemukan dan menghindar akan membuat kita masuk dalam perangkap. Kuncinya ialah melekatlah dengan Tuhan. Jika kita lekat dengan Tuhan; maka kuasa rohnya akan memberikan segala hikmat, pengertian, nasihat dan keperkasaan "(Yes 11:2)". Kuasa Tuhan tidak hanya membuat manusia menjadi pribadi yang utuh, kebuasan dunia dan si jahat pun tidak memangsa dan memecahkan kepribadian kita.
     Pada masa adven ini, ajakan tobat bukanlah sebuah pilihan. tobat adalah jalan, keharusan dan obat. katakan kepada diri, tobat adalah perintah. Bertobat harus dari segenap akal budi, hati, kekuatan, jiwa dan raga. Totalitas pertobatan akan menjadi obat ampuh untuk kehidupan yang lebih baik di bumi dan di surga kelak. Di hadapan si jahat kita semua adalah sama rata dan sama rasa akan dimangsa. Di hadapan Tuhan pun kita sama, jika kita bertobat, semua sama rata dan sama-sama anak-anak Allah.
     Hening dan cerakanlah budi sejenak. jika doa mengubah, berdoalah. Jika penglihatan menjernihkan, perhatikanlah. Jika pendengaran menggugah hati, dengarkanlah. Yohanes datang, berbicara, hidup dan berbuat. Yesus datang, mengajar dan bernubuat. Sekarang, dari apa yang sudah kita lihat, dengarkan kita rasakan; apakah yang sudah kita perbuat? bertobatlah, sebab kerajaan Allah sudah dekat!

sumber : Ruah,2016
TOBAT ADALAH OBAT TOBAT ADALAH OBAT Reviewed by on December 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.